Kata Para Pakar Kesehatan,

Jika Anda mau hidup lebih sehat dan awet muda, perbanyaklah tersenyum dan  tertawa. Tetapi jangan sampai berlebihan.
Perlu Anda ketahui bahwa hanya dengan satu menit tersenyum dan tertawa, kamu akan memeroleh manfaat yang sama dengan 45 menit berolahraga mengeluarkan keringat.
Tertawa alami, teresenyum dan tertawa disengaja, atau dipaksa tersenyum  dan tertawa juga memunyai efek yang sama.
Berdasarkan penelitian para ahli kesehatan jiwa, tersenyum dan tertawa itu akan memberikan efek yang luar biasa.
Beberapa di antaranya adalah:
1. Melancarkan aliran darah,
2. Mengurangi risiko penyakit jantung,
3. Meningkatkan daya tahan tubuh,
4. Menghasilkan hormon endorfin sebagai obat penenang alami. Hormon endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang. Endorfin diproduksi oleh kelenjarpituitary yang terletak di bagian bawah otak. Hormon ini bertindak seperti morphine, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine. Endorfin atau Endorphine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi. Selama ini endorphin sudah dikenal sebagai zat yang banyak manfaatnya. Beberapa diantaranya adalah, mengatur produksi hormon pertumbuhan dan seks, mengendalikan rasa nyeri serta sakit yang menetap, mengendalikan perasaan stres, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Endhorpine sebenarnya merupakan gabungan dari endogenous dan morphine, zat yang merupakan unsur dari protein yang diproduksi oleh sel-sel tubuh serta sistem syaraf manusia. Endorphin dalam tubuh bisa dipicu munculnya melalui berbagai kegiatan, seperti pernapasan yang dalam,  relaksasi, serta meditasi. Karena endorphine diproduksi oleh tubuh manusia sendiri, maka endorphine dianggap sebagai zat penghilang rasa sakit yang terbaik.
5. Memijat paru-paru dan jantung, menurunkan stres,
6. Meningkatkan kadar oksigen (02) dalam darah,
7. Mengkontraksikan 80 titik saraf.
8. Melemaskan otot-otot,
9. Meringankan konstipasi (Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.), dan
10. Menurunkan tekanan darah.
Sekarang, kalau Anda mau hidup lebih sehat dan awet muda, mulailah untuk ‘tersenyum dan tertawa’. Mudah, kan?