Kisi-kisi Ujian AIK PSIK-STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Semester GenapTahun Akademik 2011-1211

  1. Islam mengenalkan salah satu ajaran tentang bagaimana seharusnya setiap muslim itu berperilaku, yang terhimpun dalam ajaran: ……….
  2. Akhlak yang terpuji disebut dengan: ……….
  3. Akhlak yang tidak terpuji disebut dengan: ……….
  4. Hidup manusia ada yang berkaitan dengan hubungan vertikal antara dirinya dengan Sang Pencipta. Yang disebut dengan: ……….
  5. Islam juga mengatur hubungan antarsesama makhluk. Yang disebut: ……….
  6. Prinsip ajaran Islam secara keseluruhan tertuang dalam inti ajaran mengenai keesaan Allah. Yang disebut: ……….
  7. Akhlak terhadap diri sendiri tertuang dalam sikap dan tindakan manusia ketika memurnikan niat dalam semua tindakannya. Yang disebut dengan: ……….
  8. Kesadaran diri untuk selalu merasa diawasi oleh Allah akan akan membentuk sikap seolah dirinya selalu  melihat Allah atau yakin bahwa Allah selalu melihat semua perilakunya. Sikap ini disebut dengan istilah: ……….
  9. Semua orang Islam akan melakukan amal salehnya atas dasar keyakinannya kepada kebenaran Islam. Keyakinan inilah yang disebut dengan: ……….
  10. Setiap muslim yang beriman akan selalu berpikir positif terhadap pemberian Allah. Sikap inilah yang disebut: ……….
  11. Karena sikap kufurnya, maka manusia bisa selalu berprasangka negatif terhadap pemberian Allah. Sikap inilah yang disebut: ……….
  12. Keringkaran manusia ditunjukkan dengan tidak mau berterima kasih kepada Allah. Sikap inilah yang disebut dengan: ……….
  13. Sementara itu setiap orang bisa merasa nikmat dengan setiap pemberian Allah, sehingga ia selalu merasa lega dan puas terhadap semua pemberian Allah. Sikap ini disebut dengan: ……….
  14. Orang yang baik adalah orang yang selalu bisa menerima pemberian Allah. Sikap inilah yang disebut dengan: ……….
  15. Di ketika orang menerima kenikmatan Allah, dia ucapkan alhamdulillah. Ucapan ini menandai sikap: ……….
  16. Banyak orang selalu bersikap tidak senang ketika ada orang lain yang sukses, dan menginginkan kesuksesan itu berpindah kepada dirinya. Sikap ini disebut: ……….
  17. Sementara itu ada orang yang selalu membicarakan aib orang lain. Tindakan ini disebut: ……….
  18. Kita seringkali kehilangan kontrol untuk beribadah dengan ikhlas, karena menginginkan pujian orang lain. Keinginan untuk dipuji orang lain yang bisa mengganggu keikhlasan kita ini disebut dengan sikap: ……….
  19. Karena kita sering berbuat salah, maka harus ada kesadaran untuk selalu mengevaluasi diri. Kesadaran ini disebut: ……….
  20. Kesempurnaan tindakan harus menjadi keinginan setiap muslim, meskipun sulit utuk dicapai. Keinginan seperti itu tersirat dalam sikap: ……….
  21. Untuk mendapatkan kesempurnaan hasil tindakan, kita harus bersikap pasrah kepada Allah. Sikap pasrah ini disebut: ……….
  22. Setiap  manusia harus memiliki keberanian untuk bersikap. Keberanian ini disebut dengan: ……….
  23. Dalam setiap langkahnya, setiap muslim harus berhati-hati, agar tidak terjebak pada tindakan yang tidak pantas untuk dilakukan. Kehati-hatian inilah yang dikenal dengan sikap: ……….
  24. Ada orang yang yang selalu bersikap teguh hati untuk beragama, meskipun harus menanggung risiko atas sikapnya. Sikap teguh hati ini sering disebut dengan: ……….
  25. Sementara itu untuk bersikap teguh hati diperlukan ketenangan, kehati-hatian dan konsistensi dan keyakinan diri bahwa semua upaya pasti akan menghasilkan sesuatu yang terbaik  seandainya dikerjakan dengan kesungguhan. Sikap ini dikenal dengan: ……….
  26. Banyak orang yang tidak memegang teguh janjinya. Oleh karenanya diperlukan sikap untuk selalu memegang teguh janji dan kemauan untuk menjalankan tugas dan kewajiban yang telah disanggupinya. Sikap ini dikenal dengan: ……….
  27. Dalam meniti kesalehan, kita sering tergoda oleh rayuan atau bujukan halus yang kita sendiri tidak tahu dari mana datangnya. Bujukan halus itu dikenal dengan istilah: ……….
  28. Di ketika bujukan halus yang mengarah kepada tindakan maksiat lebih kita taati, maka kita sudah terjerat pada pemberhalaan terhadap sesuatu yang bukan Tuhan, yang dalam istilah agama disebut dengan: ……….
  29. Sesuatu yang ada dalam diri kita, yang dalam banyak hal mengarahkan diri kita untuk berbuat semau kita, sehingga kita cenderung tidak terkendali adalah: ……….
  30. Ada kalanya kita takut untuk berbuat maksiat, karena terbayang azab Allah. Sikap inilah yang disebut:
  31. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam setiap tindakan yang akan kita lakukan. Kehati-hatian ini terkandung dalam sikap: ……….
  32. Kita, sebagai muslim, selalu berharap bahwa Allah akan memberikan yang terbaik terhadap amal shalih kita, sehingga kita akan menyikapi hidup dengan penuh harap. Sikap ini disebut dengan: ……….
  33. Sikap adil kita kadang-kadang terganggu oleh keinginan kita untuk mengeksploitasi orang lain. Tindakan eksploitatif dan tidak proporsional inilah yang disebut dengan: ……….
  34. Ada satu sikap yang membuat kita suka meremehkan orang lain, yaitu: ……….
  35. Sementara itu ada orang yang selalu merasa paling hebat, karena memiliki sikap: ……….
  36. Oleh karena  itu setiap orang harus berlatih untuk bersikap rendah hati, yang dalam istilah akhlak disebut dengan: ……….
  37. Dalam membangun sikap rendah hati, diperlukan kesadaran untuk membina sikap persaudaraan, yang dikenal dengan sebutan: ……….
  38. Dalam proses berlatih untuk membangun sikap persaudaraan, diperlukan semangat untuk saling-menolong. Yang dalam istilah akhlak disebut dengan: ……….
  39. Seringkali sikap untuk saling-membantu itu terkandal oleh fanatisme kelompok yang berlebihan. Sikap fanatik kelompok yang berlebihan inilah yang disebut dengan: ……….
  40. Orang Islam diperintahkan untuk hidup bersahaja. Sikap inilah yang ditunjukkan oleh Nabi Muhammad s.a.w., sehingga beliau tidak silau terhadap kenikmatan duniawi, dan tetap bisa menjalankan ketaan kepada Allah dengan baik dan benar. Sikap ini dikenal dengan istilah: ……….
  41. Jangan sampai kita memperdengarkan kebaikan kita kepada semua orang. Sebab, kita bisa terjebak pada sikap: ……….
  42. Malu adalah salah satu indikator dari keimanan seseorang. Oleh karena itu setiap muslim diperintah untuk “malu” untuk melalukan kemaksiatan. Sikap malu ini disebut dengan istilah: ……….
  43. Saling menghargai (toleransi) adalah sikap yang harus dimiki oleh setiap muslim. Sikap ini dikenal dalam khazanah akhlak dengan sebutan: ……….
  44. Ingatlah kepada Allah. Inilah yang selalu diwasiyatkan oleh Nabi Muhammad s.a.w. kepada umatnya. “Ingat”, dalam bahasa Islam, dikenal dengan istilah: ……….
  45. Permohonan kepada Allah akan selalu mengikuti upaya setiap orang. Dalam istilah agama (Islam), permohonan kepada Allah ini selalu dikaitkan dengan usaha keras. Usaha keras setiap orang, dikenal dengan istilah: ……….
  46. Salah satu syarat terkabulnya doa adalah adalah keseriusan dalam memohon, yang diekspresikan dengan sikap “penuh perhatian”. Sikap berdoa seperti ini disebut dengan istilah: ……….
  47. Kita diwajibkan untuk mengamalkan ajaran Islam dengan sikap taat dan sekaligus kritis (tidak ‘asal patuh’ tanpa tahu alasannya). Sikap seperti ini disebut: ……….
  48. Sementara itu masih banyak orang Islam yang mengikuti pendapat orang dengan tanpa sikap kritis. Sikap inilah yang disebut dengan: ……….
  49. Banyak pendapat ulama yang dihasilkan dari pemikiran mereka yang belum tentu selaras dengan prinsip ajaran Islam yang harus kita ikuti. Upaya ulama untuk merumuskan pendapatnya itu disebut dengan: ……….
  50. Umat Islam harus selalu berpihak kepada kebenaran. Inilah sikap yang dimiliki oleh para rasul, termasuk nabi Ibrahim a.s. Sehingga dia disebut orang yang “lurus”. Sikap lurus setiap muslim inilah yang disebut dengan: ……….
  51. Nabi Muhammad s,a.w. telah memberikan contoh terbaik kepada umatnya. Sehingga Allah menyebutnya sebagai: ……….
  52. Untuk menciptakan keharmonisan, diperlukan proses penyatuan kekuatan antarpihak yang bekerjasama dengan prinsip: ……….
  53. Islam mengenalkan konsep “mengajak kepada yang baik”, yang dikenal dengan istilah: ……….
  54. Semangat kerjasama yang seharusnya dibangun itu dirumuskan dengan perintah: ……….
  55. Di antara perbuatan baik yang perlu dicontohkan oleh setiap muslim adalah berbuat baik kepada kedua orang-tuanya, yang disebut dengan: ……….
  56. Semangat dakwah untuk mencegah keburukan dalam, Islam, dikenalkan dengan istilah: ……….
  57. Keinginan untuk seling memberi bisa dituangkan dalam kesadaran untuk memberi, yang bisa diwujudkan dalam bentuk: ……….
  58. Sikap muslim yang baik ketika ingin memahami orang lain harus dimulai dengan keinginan untuk saling-mengenal, yang disebut dalam al-Quran dengan istilah: ……….
  59. Dalam konsep kerjasama, kita harus memiliki rasa kesetiakawanan, yang dalam Islam — lebih baik — diwujudkan dalam sikap: ……….
  60. Setiap muslim diperintah untuk mengabdi kepada Allah, yang dikenal dengan istilah:
  61. Sementara itu, setiap muslim juga harus berkesadaran untuk berinteraksi dengan orang lain secara baik. Yang disebut dengan istilah: ……….
  62. Oleh karena itu setiap muslim harus berkesadaran untuk membangun kebersamaaan dalam bentuk: ……….
  63. Sementara itu, seringkali kesadaran untuk membangun kebersamaan terkendala karena kedengkian antarpribadi dan kelompok. yang disebut dengan istilah: ……….
  64. Dari kesadaran untuk saling mengenal inilah diharapkan ada kesadaran untuk saling memahami, yang disebut dengan istilah: ……….
  65. Dalam kaitannya dengan pembentikan karakter pribadi, Nabi Muhammad s.a.w. telah memberi contoh. Dia adalah seorang yang berkarakter serba “jujur”. Yang disebut dengan: ……….
  66. Kejujuran beliau diikuit dengan kecerdasannya. Yang disebut dengan: ……….
  67. Di ketika beliau mengomunikasikan gagasannya, beliau berhasil dengan baik karena kepribadiannya yang dijiwai oleh kemampuannya untuk berkomunikasi, yang disebut dengan: ……….
  68. Sementara itu, beliau selalu bisa menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik dan benar. Karena beliau memiliki sifat: ……….
  69. Ada orang yang suka mengadu domba satu sama lain. Sikap seperti ini muncul karena yang bersangkutan memiliki kepribadian: ……….
  70. Setiap manusia memiliki keinginan untuk meraih sesuatu yang baik maupun buruk, karena mereka memiliki: ……….
  71. Untuk menghindari sikap buruk kita, kita harus berhati-hati untuk melakukan setiap tindakan kita. Kehatian-hatian kita itu bisa tewujud ketika kita sudah berkesadaran penuh untuk taat kepada Allah. Orang yang berkesadaran penuh untuk patruh kepada Allah ini dikatakan telah memiliki sikap: ……….
  72. Kadang-kadang manusia memiliki kesulitan untuk taat kepada Allah, karena di dalam hatinya  masih ada sikap: ……….
  73. Sementara itu masih ada orang yang sikapnya mendua, tidak konsisten dalam membangun ketaatan kepada Allah, karena dia masih memiliki sikap: ……….
  74. Keinginan orang untuk taat kepada Allah sering kali terganggu oleh sikapnya yang masih suka tidak menjalankan amanah, di suatu saat, karena dorongan hawa nafsunya. Sikap ini disebut: ……….
  75. Allahlah satu-satunya yang pantas kita sembah. Oleh karena itu Dia disebut: ……….
  76. Ruh Gerakan Muhammadiyah, antara lain: ……….
  77. Ruh Anggota dan Pimpinan Muhammadiyah, antara lain : ……….
  78. Pada saatnya kita harus bisa menyadari kesalahan yang pernah kita pebuat dan untuk kemudian menjadi lebih baik daripada apa yang pernah kita alami. Kesadaran ini disebut dengan: ……….
  79. Oleh karena itu kita harsu senantiasa memohin ampun kerpada Allah atas setiap kesalahan yang pernah kita perbuat, yang kita kenal dengan istilah: ……….
  80. Muhammadiyah mengimbau anggota dan pimpinannya untuk selalu bersikap terbuka, yang dengan istilah: ……….