RENCANA PROGRAM KEGIATAN PERKULIAHAN SEMESTER (RPKPS)

A.  Identitas

Nama Mata Kuliah: ULUMUL HADIS

Komponen: Mata Kuliah Fakultas

Jurusan/Program Studi: PAI/KPI/EPI

Bobot: 3 SKS = 3 x 50 menit

Semester: 2 (dua)

Kode : FAI 8121

B.  Standar Kompetensi

Mahasiswa memahami dasar-dasar ilmu hadis dan metodologi penelitian hadis, bisa membedakan hadis shahih, hasan, dla‘îf & mawdlû‘,serta dapat mengaplikasikannya dalam sebuah bentuk penelitian hadis.

C.  Kompetensi Dasar :

Setelah mengikuti perkuliahan ini:

  1. Mahasiswa dapat memahami arti, kedudukan, fungsi hadis, & unsur hadis
  2. Mahasiswa dapat memahami periodisasi sejarah pembinaan & penghimpunan hadis
  3. Mahasiswa dapat memahami pembagian ilmu hadis & cabang-cabangnya:
  4. Mahasiswa dapat memahami isnad & kegiatan dokumentasi hadis
  5. Mahasiswa dapat memahami pembagian hadis, baik dari segi kehujjahannya, kuantitas periwayatnya, kualitasnya, maupun kebersambungan sanadnya
  6. Mahasiswa dapat memahami permasalahan Hadis Sahih, Hasan & Daif:
  7. Mahasiswa dapat memahami permasalahan Hadis Palsu / mawdlû‘
  8. Mahasiswa dapat memahami metodologi penelitian hadis
  9. Mahasiswa dapat memahami penyelesaian hadis-hadis yang bertentangan, beserta contoh-contohnya

10.  Mahasiswa dapat memahami biografi para ulama hadis, seperti: Sahabat Abu Hurayrah, ‘Aisyah, Imam Malik, Imam Ahmad, Imam al-Bukhari, Imam Muslim, Abu Dawud, al-Tirmidzi, al-Nasa’i, dan Ibn Majah.

11.  Mahasiswa dapat memahami Inkâr al-Sunnah: pengertian, sebab kemunculan dan argumentasinya.

D.  Rencana Perkuliahan:

Minggu Indikator Materi Pokok Strategi Pembelajaran Referensi
1 a. Mahasiswa mendapatkan silabi yang berisi standar kompetensi perkuliahan, deskripsi singkat materi pokok perkuliahan, sistem pembelajaran & sistem evaluasi.

b.Mahasiswa mendapat kelompok tugas makalah

Copy Silabi Mata Kuliah Ulumul Hadis, sistem pembelajaran & sistem evaluasi Semua strategi pembelajaran mengacu pada strategi pembelajaran orang dewasa dengan metode ceramah & dialog interaktif (tanya-jawab), serta diskusi.

Dosen:

  1. Memberikan pengantar perkuliahan dengan menjelaskan silabi, sistem pembelajaran & evaluasi.

b.  Menjelaskan aturan main tugas kelom-pok & membagi mahasiswa ke dalam kelompok tugas.

  1. Memberikan kesempatan bertanya atau usul-saran.

d.  Melakukan kontrak belajar & ta’aruf

Mahasiswa:

  1. Menyimak dengan baik

b.  Bertanya atau memberikan tanggapan & usul-saran

  1. Merencanakan pembuatan makalah dengan kelompoknya
-Muhammad ‘Ajjâj al-Khathîb, Ushûl al-Hadîts: Pokok-pokok Ilmu Hadits (Jkt: Ga-ya Media Pratama)

-Hasby al-Shidqy, Sejarah & Pengantar Ilmu Hadis, (Jakarta: Bulan-Bintang)

-Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadis Nabi saw, (Jkt: Bulan Bintang)

-Syakir Jamaluddin, Hand out ‘Ulûm al-Hadîts

-Kitab-kitab Mushtha-lah wa ‘Ulûm al-Hadîts dalam CD. al-Maktabat al-Syâmilah

2 Mahasiswa dapat menjelaskan arti hadis, kedudukan& fungsi hadis, serta unsur hadis Arti, Kedudukan, Fung-si Hadis, & Unsur Hadis -Ceramah

-Dialog interaktif  (tanya-jawab)

-Di akhir pertemuan, dosen menginformasi-kan tema diskusi minggu depan.

Sda.
3 Mahasiswa dapat menjelaskan periodisasi sejarah pembinaan & penghimpunan hadis Periodisasi Sejarah Pembinaan & Peng-himpunan Hadis -Ceramah

-Dialog interaktif  (tanya-jawab)

-Di akhir pertemuan, dosen mengiformasi-kan tema diskusi minggu depan & kelompok yang terpilih untuk presentasi makalah.

Sda.
4 Mahasiswa dapat menjelaskan pembagian ilmu hadis & cabang-cabangnya: Pembagian Ilmu Hadis secara umum & cabang-cabang ilmunya Kegiatan diskusi

Dosen:

-Memberikan pengantar (5 menit) tentang tema makalah yang akan didiskusikan

-Mempersilahkan kelompok yang makalah-nya terpilih untuk mempresentasikan makalahnya, sedangkan yang tidak terpilih menjadi pembanding utama.

Mahasiswa:

-Mempresentasikan makalahnya dalam waktu maksimal 10 menit

-Diskusi: tanggapan, kritik & tanya-jawab dalam waktu 45 menit.

Dosen:

-Menanggapi proses diskusi & menjelaskan masalah yang belum terselesaikan.

-Memberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi.

-Di akhir pertemuan, dosen menginformasi-kan tema diskusi minggu depan & kelompok yang terpilih untuk presentasi makalah.

Sda.
5 Mahasiswa dapat menjelaskan is-nad & kegiatan dokumentasi hadis Isnad & Kegiatan Dokumentasi Hadis (Taham-mul wa Adâ’ al-Hadîts) Sda. Sda.
6 Mahasiswa dapat menjelaskan pembagian hadis, baik dari segi kehujjahannya, kuantitas periwa-yatnya, kualitasnya, maupun kebersambungan sanadnya Pembagian Hadis: Dari segi kehujjahannya, kuantitas periwayatnya, kualitasnya, & keber-sambungan sanadnya Sda. Sda.
7 Mahasiswa dapat menjelaskan permasalahan Hadis Sahih, Hasan & Daif Permasalahan Hadis Sahih, Hasan & Daif: Kriteria, macam & contoh-contohnya Sda. Sda.
8 Mahasiswa dapat menjelaskan permasalahan Hadis Palsu / mawdlû‘ Permasalahan Hadis Palsu (hadîts mawdlû‘): Arti, sebab-sebab ke-munculannya, usaha para ulama memben-dungnya, ciri-cirinya & kitab-kitabnya. Sda. Sda.
9-11 Mahasiswa dapat melakukan penelitian hadis secara sederhana Metodologi Penelitian Hadis: Obyek peneli-tian, langkah-langkah penelitian, metode & kaidah penelitian -Ceramah Pengantar & Dialog interaktif

-Praktik penelitian melalui komputer & software hadis (Sertifikasi Pelatihan Komputer Hadis)

-Di akhir pertemuan, dosen menginformasi-kan tema diskusi minggu depan & kelompok yang terpilih untuk presentasi makalah.

-Sda.

-Diktat pelatihan

CD. Mawsû’at al-Hadîts al-Syarîf

Kitab-kitab Takhrîj al-Hadîts dlm CD. al-Maktabat al-Syâmilah

12 Mahasiswa dapat menyelesaikan hadis-hadis yang matannya bertentangan beserta contoh-contohnya Sebab-sebab pertenta-ngan matan, metode penyelesaian hadis-hadis yang bertenta-ngan, beserta contoh-contohnya. Sda. (kegiatan diskusi) -Sda.

-Kitab-kitab Ushûl al-Fiqh dalam Bab Ta’ârudl al-Adillah dlm CD. Al-Maktabat al-Syâmilah

13-14 Mahasiswa dapat menjelaskan secara garis besar biografi para Ulama Hadis Biografi para Ulama Hadis di bidang hadis, a.l.: Sahabat Abu Hurayrah, ‘Aisyah, Imam Malik, Imam Ahmad, Imam al-Bukhari, Imam Muslim, Abu Dawud, al-Tirmidzi, al-Nasa’i, & Ibn Majah. Aspek yang dibahas: Nama lengkap, siapa saja guru & muridnya, ke mana saja pengem-baraannya, apa saja karyanya, & bagaimana kritik/komentar ulama terhadapnya Sda. Sda.
15 Mahasiswa dapat menjelaskan Inkâr al-Sunnah: Pengertian, sebab kemun-culan & argumentasinya. Inkâr al-Sunnah: Pe-ngertian, sebab kemun-culan & argumentasi-nya. Sda. -Sda.

-Syuhudi Ismail, Inkar Sunnah: Pembela & Penantangnya?

E. Integrasi-interkoneksi

Sebagai mata kuliah dasar dan umum untuk Fakultas Agama Islam, maka semua mata kuliah yang berbasis Studi Islam –termasuk untuk pengembangan pemikiran & studi Islam—tidak bisa lepas dari pengetahuan dasar tentang hadis dan ilmu hadis. Hal ini hadis adalah sumber ajaran & hukum Islam yang kedua sendiri sehingga memahami dasar-dasar ilmu hadis adalah sesuatu yang tak terelakkan dalam berislam secara kâffah (komprehensip).

F. Evaluasi

Aspek Penilaian Persentase
a. Kehadiran / jumlah presensi 20%
b. Ujian Tengah Semester (UTS) / Makalah asli kelompok 20%
c. Keaktifan diskusi 10%
d. Ujian Akhir Semester (UAS) 50%
Total 100%

Bobot Nilai:

GRADE SKOR
A 80-100
B 66-79
C 56-65
D 46-55
E <46